Cara Menanam Bibit Mangga Alpukat di Pekarangan

Dipublikasikan oleh Admin pada

Bibit mangga alpukat merupakan jenis bibit yang cukup banyak dicari orang. Hal ini karena rasanya yang manis dan dagingnya tebal. Cara memakannya pun unik, persis seperti memakan alpukat, cukup membuang bijinya dengan cara diputar mengguanakan sendok. Harganya?

Bibit Mangga Alpukat

Jangan ditanya, buah ini termasuk mahal di pasaran, karenanya lebih baik punya pohonnya sendiri di rumah. Namun, untuk menunggu masa panenya cukup lama. Selama itu, Anda perlu merawatnya dengan tetliti.

5 Cara Memilih dan Menanam Bibit Mangga Alpukat

Jika Anda tertarik menanam bibit mangga alpukat di pekarangan sendiri, berikut ini 5 cara menanam dan merawatnya yang paling mudah.

  1. Memilih bibit anga berkualitas
    Pastikan bibit benar-benar asli yang akan berbuah mangga alpukat. Kemudian periksa setiap bagiannya, seperti cabang, batang, daun, hingga ranting-rantingnya. Pilihlah bibit sehat yang sudah berusia 6 bulan sampai 1 tahun.
  2. Siapkan lahan pekarangan
    Pohon mangga umumnya akan dapat terus bertumbuh besar dan meninggi, karenanya Anda harus menyiapkan lokasi yang strategis untuk tumbuh kembangnya. Hal ini agar tumbuh kembangnya lebih sempurna dan menghasilkan buah yang berkualitas.
  3. Perawatan dan pemeliharaan
    Agar tidak terjadi gagal panen, lakukan penyiraman secara rutin yang disesuaikan dengan kondisi cuaca. Rutin berikan pupuk NPK untuk merangsang pertumbuhan, pupuk KCL untuk merangsang proses pembungaan dan tambahan mangga, serta rutin lakukan pemangkasan dahan dan cabang yang tumbuh ke dalam.
  4. Tanggulangi hama dan penyakit
    Jika sudah berbuah, lakukan pembungkusan buah menggunakan plastik atau kertas, saat buah sebesar kepalan tangan.
  5. Masa panen
    Saat bibit mangga alpukat mencapai panen pertama, rasa buah relatif asam dan ukurannya kecil. Karenanya, penting untuk melakukan penjarangan buah pada masa panen pertama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!