Tanaman Hias Bunga serta Cara Menanam dan Merawatnya

Tanaman hias bunga merupakan tanaman yang dikelompokkan berdasarkan fungsi dari tanaman hortikultura, jadi tidak menutup kemungkinan bahwa tanaman sayuran, tanaman obat maupun tanaman buah menjadi tanaman hias.

Tanaman Hias Bunga

Pengelompokan tanaman hias ini dapat dibedakan menjadi 3 kategori yaitu pertama tanaman hias berdasarkan tanaman yang dinikmati, kedua tanaman hias berdasarkan budidaya dan ketiga tanaman hias berdasarkan pertumbuhan.

Umumnya tanaman hias yang dalam kategori tanaman yang dapat dinikmati antara lain adalah tanaman hias bunga, tanaman hias buah, tanaman hias batang dan tanaman hias daun. pada ulasan kali ini kami akan mengulas tentang tanaman hias bunga.

Tanaman hias adalah salah satu tanaman yang banyak disukai oleh masyarakat untuk menata tampilan agar terlihat cantik dan indah baik untuk halaman maupun ruangan, baik indoor maupun outdoor, Bunganya merupakan pesona utamanya.

Tanaman hias dengan bunga yang berwarna warni dan memiliki kelopak bunga yang menarik memiliki keindahan tersendiri, sehingga tidak heran jika tanaman hias bunga banyak digemari oleh para pecinta bunga sebagai media atau sarana mempercantik rumah, halaman, pekarangan dan kantor.

Cara menanam tanaman hias bunga ini dapat dilakukan secara sederhana karena tidak jauh berbeda seperti halnya menanam tumbuhan atau tanaman hias lainnya, tanaman hias bunga dapat ditanam dalam beberapa media tanam, seperti media tanam langsung di lahan terbuka, media tanam dalam pot, serta media tanam dalam pot gantung.

Tanam dalam pot atau populer dengan tampot juga banyak diminati oleh masyarakat karena selain dapat memanfaatkan lahan yang sempit juga sebagai kegiatan sehari hari yang menyenangkan.

Lihat juga:  jenis jenis tanaman hias gantung.

Cara menanam Tananaman Hias Bunga

Hal paling penting dari proses menanam adalah pemilihan media tanam yang cocok untuk jenis tanaman hias bunga harus memenuhi syarat dibawah ini:

  • Pemilihan bibit tanaman hias bunga yang baik. Pemilihan bibit ini dapat dilihat melalui kuntum bibit. kuntum bibit tanaman ini memiliki potensi untuk berbunga semakin banyak. Sebab hasil utama yang ingin dilihat dalam tanaman hias bunga adalah kelopak bunga itu sendiri.
  • Media tanam hendaknya memiliki unsur hara yang cukup sebagai penambah nutrisi untuk tanaman. Bisa juga ditambahkan dengan pupuk hayati. Pupuk hayati atau organik ini dapat berupa kotoran hewan yang sudah melebur menjadi tanah.
  • Yang perlu diperhatikan juga adalah Kedalaman dalam menanam bibit tanaman hias bunga juga sangat penting. Seringkali dalam menanam tanaman hias bunga, bibit mudah roboh dan akhirnya layu lalu mati. Hal ini disebabkan oleh tanah yang tidak dapat menopang tanaman.
  • Media tanam yang dapat menyerap air dengan mengalirkan kelebihan air yang tidak dibutuhkan oleh tanaman hias bunga. Tanaman hias bunga sangatlah beragam dan perawatan yang berbeda-beda. Jika Anda mau menanam bunga dengan media pot atau sejenisnya usahakan pot tersebut terdapat lubang sebagai jalan keluar air, agar air tidak memenuhi tanaman, sebab banyak diantara tanaman hias bunga yang tidak dapat tumbuh dengan kelebihan air. Seperti contoh adalah bunga Kamboja.

Tahapan berikutnya dalam merawat tanaman hias adalah jika tanaman  tanaman sudah mulai mekar, maka perlu dilakukan penyemprotan pestisida agar bunga yang mekar terhindar dari hama yang menyebabkan tanaman mudah layu.

Dan jangan lupa untuk melakukan pemupukan agar tanaman dapat tumbuh dengan subur. selain itu juga perlu dilaukan pemangkasan pada daun dan batang yang kering, yang bertujuan  untuk pengembangan batang dan ranting-ranting baru.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *