Bisnis jual tanaman hias saat ini dapat dijadikan lahan usaha yang dapat membiyayai kelurga Anda.  Peluang bisnis menjual tanaman hias ini terbilang emeiliki banyak peluang, sebab bisnis jual tanaman khususnya tanaman hias ini belum banyak dijalankan oleh para pembisnis. Nah, untuk para pecinta tanaman hias, hobi kalian ini dapat dijadikan sebagai peluang bisnis. Selain mendapatkan kesenangan kalian juga mendapatkan keuntungan ekonomis.

Jual tanaman hias

Lalu apa saja hal-hal yang harus diperhatikan ketika bisnis jual tanaman hias?

1. My hobby is my Business

Tanamkan rasa suka atau hobby pada bisnis yang kalian jalankan. Jika sudah menjadi hobby apa saja yang kita lakukan akan terasa menyenangkan dan tidak terasa seperti bekerja. Kalian yang menyukai tanaman hias tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis-jenis atau macam tanaman hias itu sendiri. Menjual tanaman hias sama dengan menjalankan bisnis-bisnis lain, bisnis fashion misalnya.

Dalam hal ini tanaman hias yang laku di pasaran juga memiliki tren masing-masing. Cari tau tentang perkembangan tanaman hias yang lagi booming di pasaran dan yang sedang dicari oleh konsumen. Suasana sekitar lingkungan rumah kalian juga bisa menjadi pertimbangan untuk memilih jenis-jenis tanaman apa saja yang cocok untuk di kembangkan. Misalnya saja daerah kalian memiliki suasana yang dingin dan sejuk. Maka kalian juga harus menyesuaikan jenis tanaman hias yang tahan dan dapat berkembang terhadap udara dingin .

2. Menambah Ilmu Pengetahuan Tanaman

Dalam menjalankan bisnis jual tanaman hias, tentu pelaku usaha juga dituntut untuk memiliki pengetahuan yang lebih dari pada konsumen. Agar nantinya bila si konsumen bertanya tentang kelebihan dan kekurangan tanaman owner tidak kebingungan mencari jawabannya. Kalau pembelinya awam masih bisa kita berikan jawaban asal, nah kalo pembelinya seorang profesional, itu yang menjadi resiko. Setidaknya para pelaku usaha tanaman hias ini memiliki pengetahuan dasar tentang tanaman, mengetahui jenis-jenis tanaman hias, mengetahui bagaimana cara tanam dan perawatan tanaman hias serta mengetahui perkembangan tanaman hias, bila perlu dalam lingkup yang lebih luas seperti perkembangan bunga hias di manca negara.

3. Jalin relasi sebanyak mungkin

Jalin relasi sebanyak mungkin dengan sesama penjual tanaman hias. Hal ini sangat penting, karena kawan sesama profesi dapat dijadikan sebagai teman untuk berdiskusi sekaligus bertukar pikiran dalam mengembangkan bisnis. Apa lagi bagi bagi kalian yang baru memulainya. Kalian dapat sharing dan bertanya sebanyak mungkin kepada pelaku usaha yang lebih dulu menjalankan usaha jual tanaman hias. Kalian dapat bertanya tentang kendala-kendala yang mungkin dihadapi selama melakukan usaha jual tanaman hias, dan bagaimana solusinya. Selain itu kalian juga bisa sharing tentang strategi pemasaran yang menjadi kunci utama dalam menjalankan sebuah bisnis.

4. Pemilihan lokasi usaha

Pemilihan lokasi yang strategis menjadi syarat yang penting dalam memulai sebuah usaha. Sebaiknya pilihlah lokasi usaha di pinggir jalan yang banyak dilalui orang, agar lokasi usaha kalian dapat dengan mudah dijumpai. Pertanyaan selanjutnya adalah apakah bisnis jual tanaman hias memerlukan lahan yang luas?, Jawabannya adalah bisa iya, bisa juga tidak. Bila berbicara tentang lokasi usaha, maka yang harus dipertimbangkan adalah jumlah tanaman hias itu sendiri. Semakin banyak jenis tanaman hias yang kamu jual maka semakin luas pula lokasi usahaya. Tergantung juga pada pengaturan posisi tanaman hias.

Muncul lagi pertanyaan, tidak punya lahan kosong atau belum punya modal untuk menyewa lokasi usaha?, jawabannya adalah anda dapat memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lokasi usaha. Sangat direkomendasikan bagi pemula bisnis jual tanaman hias. Karena sebuah usaha itu lazimnya memang berawal dari yang kecil, bila berhasil kalian bisa kembangkan lagi dengan menyewa atau membeli lahan untuk memperbesar usaha jual tanaman hias kalian.

Jika memang dari lokasi usaha kalian kurang strategis maka kunci utamanya adalah dengan cara promosi atau menawarkan tanaman hias kalian. Baik melalui media maupun dari mulut ke mulut. Kedua adalah dengan menjaga kwalitas tanaman hias dan memperbanyak jenis tanaman hias. Sehingga pembeli tidak kecewa dan mudah bosan, dan berlanjut menjadi pelanggan setia anda.

5. Perlindungan pada tanaman hias

Usahkan lokasi bisnis atau usaha jual tanaman hias kalian terlindungi dari hewan-hewan pengrusak tanaman. Seperti hewan-hewan berkaki dua yang suka memakan daun-daunan, sebab daya tarik utama tanaman hias adalah terletak pada keindahannya. Apabila dari bibit saja sudah tidak bagus dan banyak daun-daun yang patah. Hal tersebut dapat mengurangi nilai estetika dari tanaman itu sendiri. Begitupun dengan penilaian konsumen.

6. Sarana dan prasarana

Sarana dan prasarana ini dapat berupa ruangan-ruangan khusus untuk pembibitan tanaman hias , ruangan budidaya tanaman hias, serta yang tidak kalah penting adalah parkiran untuk para konsumen. Terkadang konsumen selalu mempermasalahkan tentang lahan untuk parkir. Maka jika kalian memiliki lahan yang luas sisakan sebagai lahan untuk parkir. Selain itu alangkah baiknya jika kamu juga memiliki kendaraan sendiri seperti mobil pick up untuk melayana pembelian dengan cara antar bunga kepada konsumen dengan jumlah yang cukup besar.

Selanjutnya yaitu ada baiknya bila kalian juga mempersiapkan media tanam seperti pot bunga, polybag, serta pupuk. Bisa juga kalian menambahkan media buku sebagai panduan untuk menanam dan merawat tanaman hias yang baik dan benar. Hal dapat dijadikan sebagai salah satu daya tarik sekaligus kelebihan tersendiri dibandingkan dengan toko-toko penjual tanaman hias yang biasanya hanya menyediakan tanaman hias saja.

7. Pemasaran dan promosi

Promosi dalam menjalankan sebuah usaha dirasa sangat penting dilakukan agar pendapat dapat terus mengalami kenaikan. Di era yang sudah canggih ini kiranya semuanya serba mudah untuk dilakukan. Salah satunya adalah promosi dengan menggunakan media sosial, web, atau blog. Promosi melalui media sosial ini dianggap menjadi promosi paling ampuh dalam pengenalan suatu produk usaha.

  • Pertama kalian tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak untuk melakukan promosi melalui internet, asal ada paket data atau wi-fi. Cukup potret tanaman hias kalian berikan caption yang menarik, lalu sebarkan melalui media sosial, web atau blog.
  • Kedua produk kalian dapat dilihat oleh jutaan orang pengguna media sosial dari berbagai daerah di indonesia bahkan hingga manca negara. Jangan lupa tuliskan kelebihan-kelebihan usaha kalian dalam promosi tersebut. Selain melalui internet atau media sosial promosi juga dapat dilakukan dengan menyebarkan pamflet atau memasang banner di depan lokasi usaha kalian, agar pembeli mudah untuk memahami. Bila perlu berikan price spesial di hari-hari tertentu untuk menarik kedatangan konsumen. Kalian juga dapat mengikuti pameran-pameran tanaman hias untuk memperluas pasar kalian dan relasi, serta jangan lupa cantumkan nomer informasi. Untuk pemasaran tips dan trik dari saya, sebaiknya kalian juga melayani penjualan online dengan pelayanan siap antar, karena jaman sekarang banyak konsumen yang ingin tidak repot dan praktis.

Demikianlah hal-hal yang harus diperhatikan ketika bisnis jual tanaman hias. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai motivasi bagi agan-agan yang ingin memulai serta mengembangkan bisnis jual tanaman hias.

Kategori: Tanaman Hias Bunga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!